TEH GUCIALIT YANG MENDUNIA

Kebun Teh PT. Perkebunan Nasional XII Kertowono Gucialit



Lumajang seakan tak habis untuk dijelajah. Selalu punya destinasi yang apik dan menarik untuk dikunjungi. Kali ini kami mengunjungi hamparan kebun teh milik PTPN XII. Disana kita bisa menikmati matahari terbit atau orang lumajang menyebutnya sunrise. Namun untuk menikmati indahnya sunrise, harus berangkat lebih awal yakni sekitar pukul 4 pagi. Dan kamipun berangkat dengan mata yang lumayan berat demi mendapat sunrise.


Suasana Senja di Perkebunan Teh

Dengan menaiki kendaraan berjenis Taft GT, mulailah kami menyusuri jalan menuju perkebunan. Jalan yang dilewati bisa dibilang bumpy dan kurang nyaman. Namun, semua itu seakan terbayar ketika kami tiba di hamparan perkebunan yang luas nan indah. Sejauh mata memandang disuguhi hamparah pohon teh yang hijau dan siap dipanen oleh para petani teh. Tak lama matahari yang kami rindukan mulai menampakkan sinarnya. Cahaya kuning seakan kontras dengan perkebunan yang hijau hingga membuat pagi itu menjadi syahdu. Di kebun teh ini pemandangannya tak melulu hamparan pohon teh namun ditambah gagahnya 3 gunung yakni gunung raung, gunung lemongan, dan tentu saja gunung tertinggi di pulau jawa, gunung semeru. Sungguh pengalaman yang unik dan menyenangkan.



Indahnya Perkebunan Teh di Lumajang



Hamparan Luas Kebun Teh




Foto Bareng




Suasana Briefing Bebelum ke Pabrik Pengolahan Teh 

Puas menikmati sunrise, kami diajak menuju pabrik pengolahan teh yang berada tak jauh dari sana tepatnya yaitu berada didekatnya rumah tempat kami menginap. Pabrik ini mengolah teh untuk kebutuhan dalam negeri serta di ekspor ke beberapa Negara. Di pabrik ini kami dijelaskan tahapan pengolahan teh dari pemetikan oleh pemetik sampai dengan pengemasan. Tak lupa beberapa jenis teh dijelaskan kepada kami. Mata dimanjakan serta pengetahuan juga bertambah.


Pabrik Pengolahan Teh 

Sampai didalam Pabrik kita bertemu dengan Pak Bagus selaku mandor di Pabrik Teh ini , beliau menjelaskan Proses Pengolahan teh Hitam CTC .dan sayang sekali sesuai dengan peraturan Pabrik ini kita tidak boleh mengambil gambar semua proses pengolahan tersebut.


Penjelasan Proses pengolahan teh hitam 

Setelah masuk didalam melihat Proses pengoalahan Teh , kita sekarang diajak ke Lab untuk dijelaskan macam jenis teh dan Mencicipi beberapa macam teh tersebut.


Penjelasan Jenis Teh

 7 Jenis Teh hasil olahan dari PTPN XII Kertowono



Pak Bagus Memperagakan Testing Teh


Pak Bagus Menjelaskan dan memperagakan Tesing teh yang benar dengan cara Teh diambil dengan sedok teh , di sruput sampai berbunyi : sruuuptttt , dirasakan dan dimuntahkan teh tersebut.

Comments

Popular Posts