B-29, Dongeng Negeri diatas awan yang nyata

Puncak B-29

Masih di lumajang, Hari Ke 3 FAMTRIP kali ini kami mendatangi tempat yang hits beberapa tahun terakhir di kalangan anak muda jatim dan sekitarnya. Ya, Bukit nomor 29 atau yang biasa disebut B29. Tempat ini berada di ketinggian sekitar 2900mdpl sehingga dijuluki negeri di atas awan. Dan memang berada disini kita seakan berada diatas awan karena disuguhi hamparan awan putih yang menyelimuti.

Sunrise view dari Puncak B-29

Puncak B29 terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur. Sebagian besar penduduk Puncak B29 adalah warga asli Suku Tengger. Jadi wisatawan bisa melihat dari dekat keseharian warga Suku Tengger. Tak hanya wisata alam yang bisa dinikmati namun juga wisata budaya yang secara tidak langsung.

Budaya Lokal Suku Tengger
Secara Kebetulan sesampainya kita di Tempat Penginapan Kita disuguhi Pertunjukan Jaran Kecak yang melewati didepan tempat kita bermalam . Jaran Kecak tersebut bisa kita jumpai ketika ada suatu acara atau hajatan di daerah sini.

Budaya Lokal Suku Tengger Kuda Kecak

Keesokan Harinya Kami berangkat sekitar pukul 4 pagi dari tempat menginap dengan durasi 30 menit via ojek. Kemudian dilanjutkan treking sekitar 15 menit. Dan tibalah kami di puncak B29 yang hits itu. Dengan Keadaan Masih Gelap dan matahari belum terbit kita menikmati Indahnya Bintang Bertebaran diatas langit.

Suasana Camping dan Milky Way di Puncak B-29

Pemandangan di Puncak B29 ini sungguh sangat cantik. Dari atas Sebelah barat kita bisa melihat awan yang menari-nari yang tepat berada di bawah pandangan mata. Gugusan perbukitan yang berjejer rapi seperti gunung Semeru, gunung Bromo, gunung Batok, pasir berbisik, padang savana dan Cemoro Lawang seolah-olah sedang berada di Negeri Diatas Awan.

Pemandangan Bromo dari Puncak B-29

Cemoro Lawang View B29

Disebelah sisi kiri kita bisa melihat Golden Sunrise yang indah dan Mempesona dengan latar belakang Gunung Lemongan, Gunung Raung, dan Gunung Argopuro.

Golden Sunrise B29

Untuk masuk ke kawasan Puncak B29, wisatawan membayar retribusi di pos perijinan sebesar Rp3000. Jarak dari pos ke Puncak B29 sekitar dua kilometer.