Menikmati indahnya Tumpak Sewu, Niagara dari Lumajang

AIR TERJUN TUMPAK SEWU

Jawa Timur, Provinsi paling timur di Pulau Jawa Ini tek henti-hrntunya memberikan destinasi wisata yang seakan tak habis untuk dijelajah. Tujuan Kali ini berada di LUmajang, Sebuah Kabupaten yang kaya akan wisata alam khususnya Air Terjun. Lumajang punya banyak air Terjun yang indah nan menawan. Namun, kali ini Air Terjun Tumpak Sewu menjadi tujuan kami kali ini


Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang, Jawa Timur
Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang, Jawa Timur

Tumpak Sewu merupakan Air terjun yang berada di Dusun Jagalan , Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Air Terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Air Terjun ini Memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai. air terjun seperti ini termasuk dalam tipe tiered. Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada didalam sebuah lembah memanjang dengan elevansi 500 meter diatas permukaan air laut. Air terjun ini terbentang di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

Perjalanan kami di mulai dari bandara Juanda dengan menaiki Pesawat Garuda Indonesia. Kami menaiki Pesawat Garuda yang melayani Rute dengan Bandara kecil. Sebelum berangkat saya Bertemu dengan Anggota Trip lain yang terdiri dari Travel Blogger , Instagram Influencer dan perwakilan dari Kementrian Pariwisata. Tak butuh Waktu Lama bagi kami untuk seger akrab. Perjalanan-pun dimulai dari Surabaya Menuju Jember dengan Pesawat dan dilanjutkan via darat Menuju Lumajang.

Tiba di Air Terjun Tumpak Sewu, Kami dihadapkan dengan medan treking yang lumayan menantang. Dimulai dengan menyusuri kawasan kebun salak yang cukup rimbun. Perjalanan kami dilalui dengan riang gembira karena tak sabar menikati pemandangan air terjun yang katanya mini Niagara-nya Indonesia itu. Tak terasa 15 menit kami menapaki jalanan menuju air terjun dan sampailah kami di tempat Panorama. Tak salah jika orang menjuluki air terjun ini dengan mini Niagara. Tak percaya ? Silahkan nikmati foto berikut ini :


Air Terjun Tumpak Sewu
View Panorama Air Terjun Tumpak Sewu


Tak puas dengan pemandangan dari panorama, kami melanjutkan perjalanan menuju spot bawah air terjun. Medan treking kali ini lumayan tricky karena harus melewati sungai dengan arus yang lumayan kencang. Namun sebelum dihadapkan dengan sungai itu, terlebih dulu kami dimanjakan dengan pemandangan unik dari tebing virgin. Dinamakan demikian karena tebing ini memiliki bentuk unik yakni menyerupai huruf V. setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri sungai kecil yang ber-arus lumayan deras tadi. dengan meniti sebuah tali yang telah disediakan, kamipun bergerak perlahan. Total waktu yang ditempuh dari panorama menuju bawah sekitar 25-30 menit. Lumayan melelahkan namun terbayar lunas dengan pemandangan yang memanjakan mata. Secara spontan kami segera mengabadikan sebanyak mungkin pemandangan indah ini. Jadi, masih betah dirumah saja? Indonesia itu indah lho, mulailah perjalananmu dengan mengunjungi objek wisata yang ada di daerahmu.


Tangga akses jalan menuju Air Terjun Tumpak Sewu


Trek sungai kecil menuju air terjun


Trek sungai kecil menuju air terjun


Tebing Virgin


Air Terjun Tumpak Sewu
Air Terjun Tumpak Sewu Spot bawah

Salam lestari





Comments

Popular Posts